Skama Rangkaian Pengukur Suhu Sederhana

Skama Rangkaian Pengukur Suhu Sederhana

Skama Rangkaian Pengukur Suhu ini cukup sederhana menggunakan presisi suhu IC LM35. Tiga pin transistor seperti IC memberikan output linear sama dengan +10 mV per derajat kenaikan suhu. Hal ini dapat mengukur suhu antara  -4 derajat sampai +110 derajat Celcius. Jenis LM34 adalah sensor Fahrenheit dan outputnya adalah sama dengan-10mV per derajat Fahrenheit. Output dari IC1 secara langsung diberikan ke input dari driver display IC LM3914. Ini adalah sirkuit terpadu monolitik dengan 10 keluaran aktif rendah yang dapat mendorong 10 LED secara langsung tanpa resistor yang membatasi arus.


Rangkaian internal dari IC menyesuaikan arus yang melalui LED. Masukan dari LM 3914 sangat sensitif dan outputnya 10 – 18 tenggelam satu per satu sebagai input yang menerima kenaikan dari 125 milivolt. Di sini hanya 6 output yang digunakan untuk menggerakkan 6 LED. Kelebihan LED dapat dimasukkan dalam output yang tersisa jika diperlukan. 

Dengan kenaikan indra suhu IC LM35, LED 05:59 menyala. Jika sensitivitas tidak tinggi, VR2 dapat diabaikan. Maka output dari IC1 harus langsung terhubung ke input dari IC2. Bila daya diterapkan, beberapa LED akan menyala. Kalibrasi Rangkaian Pengukur Suhu dengan memberikan suhu yang berbeda untuk IC1. Untuk ini termometer dan air panas dari suhu yang berbeda diperlukan. Beberapa kaus kaki katun dengan air hangat sekitar 37 derajat (suhu ruang normal) dengan lembut melakukan kontak dengan IC1. Sesuaikan VR1and VR2, sampai LED1 bersinar.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 11:53 AM and have