Rangkaian Power Amplifier dengan IC TDA2030

Rangkaian Power Amplifier dengan IC TDA2030

Rangkaian power amplifier menggunakan IC TDA2030 dengan sistem tegangan supply tunggal. Untuk dapat bekerja pada sistem tegangan tunggal maka dibutuhkan sebuah bias setengah tegangan pada input + IC (pin 3). Rangkaian bias ini dibentuk oleh R1, R2 dan R3. Dan untuk bypass grounding sinyal AC-nya dipasang sebuah kapasitor C1. Pembagi tegangan setengah dibentuk oleh nilai R1 dan R3 yang sama-sama bernilai 100K, jadi pada R2 terdapat tegangan senilai setengah dari tegangan VCC.


Dioda D1 dan D2 berfungsi sebagai pengaman yang memotong tegangan lebih yang muncul pada output IC (pin 4). Kapasitor C7 dan C8 berfungsi sebagai filter tegangan dimana C8 berfungsi menghilangkan ripple frekuensi rendah dan C7 untuk menghilangkan ripple frekuensi tinggi. Sedangkan R7 dan C4 berfungsi membuang noise frekuensi tinggi agar suara lebih jernih dan tidak moduah osilasi karena feedback.

Jalur input sinyal harus melewati C2 agar tegangan DC pada sinyal input yang datang tidak mempengaruhi bias pada pin 3 IC TDA2030. Fungsi R2 pada jalur input adalah sebagai bypass jalur input agar saat tidak ada sinyal pin input terhubung ke ground (membuat input=0V).



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 11:57 AM and have