Rangkaian Alarm Wireless untuk Mobil

Rangkaian Alarm Wireless untuk Mobil

Rangkaian alarm wireless untuk mobil ini terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu bagian transmitter dan bagian receiver. Bagian transmitter dipasang dimobil dan bagian receiver dipasang dirumah. Alarm mobil wireless ini digunakan untuk mobil yang diparkir diluar rumah, sehingga apabila ada yang mengganggu mobil kita maka akan diinformasikan ke rumah melalui alarm mobil wireless ini. Rangkaian alarm mobil wireless ini bekerja dengan frekuensi FM yang dapat diset sesuai keinginan. Gambar skema rangkaian untuk membuat rangkaian alarm mobil wireless terdiri dari 2 bagian sebagai berikut 

transmitter alarm

Bagian transmitter alarm mobil ini dipasang dimobil yang diparkir dengan sumber tegangan 12 volt DC dari accumulator mobil. Rangkaian transmitter alarm mobil wireless ini berfungsi untuk mengatifkan receiver menggunakan media wireless FM.  Rangkaian transmitter alar mobil dibuat menggunakan pemancar FM mini transistor tipe 2SC2670 yang berfungsi sebagai oscilator dan pemancar FM daya rendah. Frekuensi kerja rangkaian transmitter ini dapat diset dengan mengatur trimer kapasitor sehingga sesuai dengan frekuensi kerja receiver alarm mobil. 

Receiver alarm

Receiver alarm mobil wireless ini berfungsi untuk menerima sinyal dari rangkaian transmitter kemudian untuk mengaktifkan alarm atau sirine. Rangkaian receiver alarm mobil wireless ini dibuat menggunakan modul IC receiver FM CXA1019 standart sesuai datasheet. Output rangkaian receiver CXA1019 ini digunakan untuk mengaktifkan alarm melalui rangkaian saklar elektronik. Output receiver CXA1019 dihubungkan menggunakan transformer IT untuk mengaktifkan transistor T2 BC548 kemudian mengaktifkan driver relay transistor T3 BEL187. Apabila receiver CXZA1019 ini menerima sinyal dari transmitter alarm mobil wireless maka akan mengaktifkan transistor T2 kemudian T3 dan menggerakan relay untuk menyalakan alarm. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 11:09 AM and have