Rangkaian power supply 12 Volt tanpa Trafo

Rangkaian power supply 12 Volt tanpa Trafo

Rangkaian power supply 12 Volt ini dibuat tanpa menggunakan trafo. Proses menurunkan tegangan AC 220 volt digantikan menggunakan rangkaian resistor dan kapasitor. Rangkaian power supply 12 volt DC tanpa trafo ini cukup sederhana dan mudah untuk dibuat. Aplikasi dari rangkaian power supply 12 volt transformer less ini dapat ditemui pada balast lampu neon hemat energi. Gambar skema dan daftar komponen untuk membuat rangkaian power supply 12 volt tanpa trafo ini dapat dilihat pada gambar berikut. 


Gambar rangkaian diatas merupkan salah satu contoh rangkaian power supply tanpa trafo. Rangkaian power supply tanpa transformer pada gambar diatas dapat memberikan tegangan output = 12 volt DC yang stabil. Tegangan AC 220 volt diturunkan menggunakan konfigurasi resistor, kapasitor dan dioda zener. Resistor berfungsi untuik menurunkan arus agar tegangan AC 220 volt tersebut dapat diturunkan menggunakan dioda zener. 

Setelah diturunkan tegangan AC tersebut kemudian disearahkan menggunakan dioda bridge dan kapasitor elektrolit. Tegangan DC output rangkaian penyearah kemudian diturunkan menjadi 12 volt DC menggunakan dioda zener. Tegangan output rangkaian power supply 12 VDC tanpa travo ini tidak boleh disentuh dengan tangan, karena akan terjadi sengatan listrik.

hal ini disebabkan output rangkaian power supply ini terhubung ken jaringan AC 220 volt. Rangkaian power supply 12 volt DC tanpa travo pada gambar diatas merupakan rangkaian power supply rangkaian lampu emergency yang digunakan untuk melakukan pengisian batarai pada lampu emergency.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 11:19 AM and have